Heartless Background

Saturday 12 July 2014

NASA uji coba Bercocok tanam di Luar Angkasa

ilustrasi

FLORIDA – Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) untuk kali pertama membuat sesuatu yang berbeda. Bila selama ini, NASA mengirim benda canggih ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), kini mereka mengirim tanaman agar para astronot bisa bercocok tanam di sana dan menikmati sayuran segar hasil sendiri.

Gioia Massa, ilmwuan NASA di Kennedy Space Centre, Florida mengatakan, jika seseorang bisa mendapatkan kondisi lingkungan yang baik, tidak akan ada alasan mengapa tanaman tidak akan tumbuh di luar angkasa.

Seperti dilaporkan Guardian, Selasa (27/5/2014) melalui riset ini, diharapkan para astronot bisa memanfaatkan dan menikmati makan sayur-sayuran organik hasil sendiri. 

“Sayur itu nantinya akan dimasukkan dalam rumah kaca portabel yang dibawa dari bumi. Sedangkan untuk sumber karbon dioksida dan air berasal dari astronot yang dikeluarkan dari limbah kotoran,” tuturnya. “Sedangkan untuk mengontrol suhu, NASA menggunakan fasilitas yang telah ada di kabin ISS,” 

Sementara, Profesor Ian Crawford, dari University of London, mengatakan bahwa kemampuan tanaman untuk bisa tumbuh di luar angkasa menjadi semakin penting dalam konteks untuk melakukan riset di masa depan, dan menguji kelayakan pemukiman manusia masa depan di bulan dan Mars.
(amr)

Sumber: http://techno.okezone.com/read/2014/05/27/56/990557/nasa-uji-coba-bercocok-tanam-di-luar-angkasa

No comments :

Post a Comment